Jumat, 17 Mei 2013

Uang 16 : Pertukaran


Untuk bisa menghasilkan uang, kita harus menyadari tentang nilai pertukaran. Perdagangan dunia yang pertama dilakukan dengan sistem pertukaran / barter. Waktu itu belum ada mata uang. Jauh sebelumnya, manusia memenuhi kebutuhan dirinya dengan berburu, dalam hal ini berburu hewan dan juga tanaman. Setelah itu manusia lebih berkembang, mereka tidak hanya berburu, tetapi mulai membudidayakan, kemudian muncul sistem pertanian dan peternakan, mereka tidak lagi mengejar hewan dan tumbuhan, tetapi mengolahnya dan melipatgandakannya dalam sebuah sistem.

Sistem ini membuat setiap orang akhirnya mempunyai keunggulan kompetitifnya masing-masing yang akhirnya menciptakan sistem barter. Seorang yang mempunyai ternak, dan membutuhkan jagung menukarkan ternaknya dengan orang yang memiliki jagung dst. Kemudian peradaban berkembang, karena sulit untuk selalu membawa "mata uang" misalnya dalam bentuk kerbau ke mana-mana, sistem pertukaran digantikan dengan mata uang yang mereka ciptakan mulai dari bentuk kerang, logam, emas, perak, koin, uang kertas, sekarang sudah berkembang dalam bentuk elektronik.


Sampai hari ini pun sebetulnya setiap dari kita hidup dengan sisitem pertukaran yang telah disempurnakan ini. Setiap dari kita memiliki sesuatu untuk ditukarkan dengan sesuatu yang lain. Cuma dalam sistem ini, kita bekerja untuk mengejar alat tukarnya.

Pada latihan ke-16 ini cobalah untuk mulai mendaftar segala sesuatu yang Anda miliki, dan analisa kemampuan tukarnya. Ambil sebuah buku atau secarik kertas, kemudian catat semua hal yang bisa Anda tukar, lakukan brainstorming, misalanya Anda bisa mendaftarkan barang yang Anda miliki, kemudian kemampuan dan keahlian, kekuatan tubuh, ide,hobi, sifat-sifat Anda dst.

Dari daftar tersebut kemudian amati satu per satu dan temukan sebuah ide untuk bisa ditukarkan dengan sesuatu yang lain. Misal : Anda melihat Anda memiliki sebuah blender, Anda suka bikin jus dan bereksperimen untuk untuk membuat smoothies misalnya. Coba analisa hal ini, apakah yang Anda miliki ini bisa menjadi sebuah alat untuk pertukaran ? Kata yang lebih tepat dalam hal ini adalah : menjualnya ?

Latihan semacam ini akan melatih Anda untuk melihat segala sesuatu sebagai sebuah peluang untuk mendapatkan uang. Kalau Anda belum memiliki sebuah keahlian, Anda bisa "mengkulak" keahlian melalui lembaga-lembaga pendidikan / kursus, dan nantinya keahlian tersebut bisa Anda tukar dengan uang. Prosesnya hanya seperti itu. Latihan semacam ini juga membantu untuk menghasilkan ide-ide baru.

Jadi pada inspirasi kali ini, yang perlu Anda miliki sekarang adalah kesadaran pertukaran, peluang dan kesempatan ada disetiap sel tubuh dan lingkungan Anda. Ketika hal itu dipadukan dengan visi yang telah Anda miliki, Anda sedang dalam perjalanan sukses Anda. Intinya addalah kemauan untuk berpikir dan kemudian mengusahakannya.

Salam kemakmuran !

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar