Kamis, 02 Mei 2013

Uang 11 : Melatih dan menyadari fokus Anda



Salah satu kemampuan otak yang paling memberdayakan adalah kemampuannya untuk fokus. Pikiran yang terfokus pada suatu hal seringkali memberikan hasil terbaik pada hal yang difokuskan.

Kekuatan fokus sudah bisa dibuktikan pada pelajaran fisika tentang fokus / titik api pada lensa cembung yang telah kita semua ketahui pada pelajaran fisika di SMP. Tenaga matahari yang tersebar bila difokuskan pada titik apai lensa akan mampu menghasilkan api yang membakar benda yang dikenainya.


Sekarang coba lakukan hal ini :
  • Bayangkan warna merah.
Kemudian lihat sekeliling, temukan warna merah di sekeliling ruangan di mana Anda berada sekarang. Sesuatu yang aneh terjadi...Anda bisa melihat warna merah yang tadinya tidak nampak atau tidak Anda perhatikan.

  • Bayangkan sebuah segi tiga
Kemudian lihat sekeliling, temukan warna merah di sekeliling ruangan di mana Anda berada sekarang. Sesuatu yang aneh terjadi...Anda bisa melihat bentuk segi tiga yang tadinya tidak nampak atau tidak Anda perhatikan.
  • Kalau Anda berada di jalan, pikirkan sebuah merek mobil.
Kemudian lihat sekeliling, temukan warna merah di sekeliling ruangan di mana Anda berada sekarang. Sesuatu yang aneh terjadi...Anda bisa melihat merek mobil yang tadinya tidak nampak atau tidak Anda perhatikan.

Anda bisa mencoba hal ini dengan berbagai benda atau pikiran yang lainnya. Dan anda akan mendapatkan fokus pada apa yang sedang Anda pikirkan.

Latihan ini membuktikan bahwa apa yang kita fokuskan pada pikiran itulah realita yang akan dominan di pikiran kita. Itu sebabnya seorang yang berpikiran negatif, akan selalu bertemu kenegatifan, dan orang yang bergembira akan selalu bertemu kegembiraan.

Fakta ini bisa membantu kita untuk menyadari apa yang sedang dominan dalam pikiran dan perasaan kita. Jika Anda sedang menemui sebuah hari yang menurut  Anda penuh kekacauan, itu buka semata-mata kondisi eksternal, tetapi juga karena pikiran Anda sedang dominan kacau. Karena Anda sudah menyadari kondisi ini, Anda sekarang punya kekuasaan untuk merubahnya. Yaitu dengan merubah fokus Anda. Anda bisa berdoa atau bermeditasi untuk mengatur kembali posisi pikiran dan hati Anda. Dan mulai pikirkan dan fokuskan pada hal yang positif, teratur, menyenangkan, menggembirakan dan sebagainya. Dan lihat apa yang terjadi.

Dalam masalah keuaangan, ketika Anda fokus dan merasa sedih melihat kondisi keuangan yang sedang tidak baik, kemarahan tidak menyelesaikan, justru Anda akan melihat lebih bnayak masalah. Atur pikiran Anda seperti mengatur channel TV dan arahkan pada berita ekonomi yang menggembirakan, arahkan pada kreatifitas, arahkan pada peluang, arahkan pada keajaiban dan syukur. Dan catat perubahan yang terjadi.

Salam kemakmuran !

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar