Senin, 29 April 2013

Uang 8 : Mulai memberi



Hikmat dari jaman dahulu yang sudah ribuan kali dinyatakan oleh berbagai tokoh adalah :

"Apa yang kau tabur, itu yang akan kau tuai"
Kita baru bisa menerima sesuatu jika kita memberi sesuatu. Ini sebuah hukum universal yang berlaku dalam berbagai agama dan kepercayaan. Dan seharusnya menjadi landasan bagi kita semua untuk mencapai tingkat kemakmuran dan kehidupan yang lebih baik.

Memberi adalah sebuah sikap yang membebaskan kita dari keterikatan dan kekhawatiran tetang kekurangan. Ketika kita memberi, posisi kita berubah dari berkekurangan menjadi berkelimpahan.


Latihan-latihan sebelumnya, melatih sikap dan pikiran kita untuk menerima. Dalam latihan ini, kita melatih diri kita untuk memberikan apa yang sudah kita terima.

Karena memberi adalah sebuah sikap, maka bentuk pemeberian adalah sikap yang harus tercermin dalam setiap tindakan kita. Pemberian bisa berupa uang, pertolongan, perhatian, cinta, ide solusi, pengetahuan. waktu, dsb.

Mulai fokuskan perhatian Anda hari ini pada apa yang Anda punya, kalau perlu catat, tidak hanya benda-benda atau harta yang Anda punya, tetapi juga segala hal yang terdapat dalam diri. Misal Anda berbakat menyanyi, berbakat menulis, punya banyak ide, atau Anda bisa berdoa. Catat semua itu dalam sebuah catatan, dan mulai pikirkan apa yang bisa Anda berikan dengan semua itu.

Latihan ini akan merubah perasaan dan kekhawatiran Anda, karena sekarang ikiran Anda tidak lagi memikirkan apa yang tidak Anda punyai, tetapi Anda mulai fokus pada apa yang Anda punyai, dan mulailah memberi. Lakukan ini pada pekerjaan Anda, jika Anda seorang karyawan, mungkin sebelumnya Anda mengeluhkan sikap Bos Anda, Anda menuntut gaji lebih dan pekerjaan lebih ringan, kini ubah, Anda punya waktu, berikan, Anda punya tenaga, berikan, Anda punya solusi, berikan, pikirkan memberi sesuatu pada pekerjaan atau klien Anda. Atau anda seorang Bos, Anda mengeluhkan kinerja karyawan, menuntut mereka bekerja lebih keras, dan berusaha membayar lebih sedikit, kini ubah, Anda punya kekuasaan untuk memberi perhatian, berikan, Anda punya uang lebih, berikan, pikirkan kesejahteraan mereka, perlakukan mereka seebagai manusia, jangan campuri urusan pribadi mereka, jangan menciptakan jaringan mata-mata di anatara karyawan, karena ini akan memecah belah perusahaan dan team, berikan hak-hak mereka. Dan saya yakin sesuatu yang harmonis akan terjadi karena Bos dan karyawan saling memberi.

Catat setiap perubahan atau kejadian ketika Anda mulai mempraktekkan hal ini. Setiap kemajuan akan membawa Anda pada kemajuan yang lainnya.

Salam kemakmuran !

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar