Kamis, 27 Maret 2014

Uang 20 : Belajar Ilmu Marketing


Marketing atau pemasaran merupakan sebuah ilmu yang unik karena melibatkan semua aspek ilmu di dunia ini termasuk psikoloi dll. Marketing sering dikaitkan juga dengan ilmu menjual, meskipun secara keilmuan, ilmu penjualan (sales) merupakan bagian dari ilmu marketing.


Dengan mempelajari ilmu marketing (penjualan) Anda akan mendapatkan wawasan tentang dunia bisnis, karena ujung dari semua proses bisnis mulai dari perencanaan, produksi, dll akan bermuara di penjualan untuk mendapatkan income.

Marketing tidak melulu bicara tentang profesi salesman, baik Anda seorang guru, dokter, politikus, ahli hukum dsb akan membutuhkan pengetahuan ini untuk bisa menjalani profesi Anda dengan baik. Mulailah mencari buku-buku tentang salesmanship yang banyak dijual di toko buku. Tidak usah yang berat-berat, cukup yang ringan, paling tidak Anda sudah mendapatkan informasi dan pengetahuan baru tentang dunia penjualan dan teknik-teknik yang ada di dalamnya.

Atau Anda bisa mengamati para penjual yang Anda temui atau yang mendatangi Anda. Perhatikan cara mereka menawarkan barang dagangannya, kalau ke toko, perhatikan cara mereka melayani penjual atau cara mereka menata tokonya.

Bisa juga Anda perhatikan iklan-iklan yang bertebaran di koran atau di televisi dan radio. Perhatikan iklan-iklan tersebut dan mulai analisa mengapa mereka membuat iklan seperti itu. Dengan melakukan hal-hal ringan seperti ini sebenarnya Anda sudah mulai memasuki dunia marketing. Ketika pengetahuan Anda bertambah, mulailan melangkah lebih serius dengan mengikuti seminar-seminar marketing, atau kalau Anda mendapatkan undangan dari seminar sebuah produk, usahakan bisa mengikutinya, meskipun Anda tidak membeli, tetapi Anda bisa belajar sesuatu di sana.

Sedikit tips pada waktu mengikuti sebuah seminar. Sering seseorang datang ke sebuah seminar tanpa target pengetahuan yang akan didapatkannya. Sehingga ketika pulang dari seminar, semua info masuk dan selanjutnya Anda bingung dan melupakannya. Sebaiknya Anda tentukan info yang harus Anda dapatkan sdari sebuah seminar, dan ketika Anda mendapatkannya di seminar tersebut, catat baik-baik dan jika itu sebuah tips, sebaiknya mulai Anda lakukan.

Marketing bukanlah sebuah ilmu yang sulit kalau tujuan Anda adalah praktek, mungkin sedikit akan sulit kalau Anda bertujuan menjadi orang yang ahli berbicara tentang marketing. Silakan dicoba, dan melangkah.




Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar