Senin, 30 Desember 2013

Uang 19 : Hubungan


Hubungan / koneksi merupakan salah satu unsur penting dalam seni mencari uang. Tidak ada orang di dunia ini yang bisa kaya dengan hidup sendirian. Kecuali dia hidup di sebuah pulau terpencil di mana makanan sudah tersedia sepanjang musim, jika seseorang dalam kondisi tersebut, bisa dikatakan bahwa orang tersebut bisa dikategorikan sebagai orang kaya dan makmur.


Membangun sebuah hubungan susah-susah gampang, tapi dalam realita lebih banyak susahnya, karena setiap orang mempunyai kepentingannya sendiri-sendiri, serta memiliki karakter dan sistem hidup atau bekerja yang berbeda. Akibatnya akan menciptakan konflik kepentingan. Oleh sebab itu dasar dari pengetahuan tentang hubungan selalu dimulai dengan pengertian bahwa sebuah hubungan harus selalu dikelola atau dimanajemeni dengan baik.

Dalam buku The Seven Habits of highly effective people, Steven Covey memberikan sebuah prinsip dalam hubungan yaitu :

"Mengerti lebih dahulu baru kemusian dimengerti"


Prinsip ini yang mendasari sebuah hubungan yang langgeng. Intinya adalah kemampuan untuk memberi, seseorang dengan prisip hidup mengambil, tidak akan pernah menyediakan waktu untuk memahami entah itu istri, anak, orang tua, dsb. Akibatnya terjadi konflik yang berkelanjutan dalam sebuah masalah atau dengan siapapun yang ditemuinya.

Prinsip yang lain adalah :

"Win-Win Solution"

Prinsip yang pertama di atas memungkinkan terciptanya sebuah suasana hubungan yang baik, tetapi ingat, bahwa tidak ada orang tanpa sebuah kepentingan, kepentingan terjadi karena adanya tujuan-tujuan. Dalam sebuah hubungan, terutama dalam bisnis, tentunya ada tujuan keuntungan dari setiap hubungan, Dan hal ini baru bisa terlaksana dengan baik jika seseorang memahami prinsip win-win solution. Artinya bahwa pengejaran seseorang akan sebuah tujuan, tidk boleh merugikan pihak lain. Jka hal ini bisa dilakukan, sebuah hubungan yang baik dan menguntungkan akan terjadi. Jauhi sikap ingin memanipulasi, karena lambat laun apa yang terpancar dari pikiran Anda akan dirasakan oleh orang lain yang berhubungan dengan Anda.

Berikut ini daftar orang-orang yang terhubung dengan Anda, yang bisa Anda bantu atau mereka bis membantu Anda, dan coba pikirkan sebuah cara untuk mengelolanya dengan prinsip di atas :
  1. Keluarga. Hubungan yang sudah anda miliki sejak lahir.
  2. Teman masa taman kanak-kanak. Anda bisa menelusurinya di Facebook, lakukan sebagai sebuah petualangan.
  3. Teman masa SD-Kuliah.
  4. Teman awal kerja.
  5. Teman organisasi.
  6. Teman di klub olah raga.
  7. Tetangga
  8.  Teman dari teman.
  9. Kenalan baru yang harus anda cari setiap hari.
Selamat memulai sebuah hubungan, dan jadilah makmur :)




Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar